Psikologi dan Pascasarjana UIN Maliki Jadi Penutup Audit SPMI Sarpras 2018

Serius: Proses Ekspose Hasil Kepatuhan Mutu di Pascasarjana

LPM UIN Malang – Setelah sempat tertunda pelaksanaannya, kemarin pada tanggal 8-9 agustus 2018 tim auditor mutu internal selesai melakukan audit di Fakultas Psikologi dan Pascasarjana. Pelaksanaan audit mutu yang berfokus pada layanan sarana prasararana pendidikan dan pembelajaran di Fakultas Psikologi dan Pascasarjana UIN Maliki Malang memperoleh sambutan yang positif dari kedua pimpinan lembaga. Hal senada juga disampaikan oleh Abdul Malik Karim Amrullah sebagai lead auditor LPM UIN Maliki ” Audit kali ini benar-benar terlaksana dengan paradigma baru yaitu menemukan Ruang-ruang Perbaikan. Dulu banyak yang berfikir jika ada audit, maka pasti ada mindset berfikir bahwa lembaganya akan di jelek-jelekin sehingga nama baik mereka sebagai pimpinan akan merasa dijatuhkan. Sekarang semua pimpinan malah berterima kasih adanya audit kali ini, karena membantu para pimpinan menemukan ruang perbaikan secara obyektif dan ilmiah yang berbasis data, mereka juga dapat mengetahui tentang kebutuhan dan perencanaan tahun depan serta memprioritaskan mana yang harus ditindaklanjuti secara cepat dan mana yang bisa dijadikan perencanaan selanjutnya” Papar Kapus Audit dan Pengendali Mutu Lembaga Penjaminan Mutu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Proses audit yang dilakukan sekitar 6 jam di Fakultas Psikologi dan Pascasarjana dilanjutkan langsung dengan kegiatan ekspose hasil temuan yang dilakukan oleh tim auditor. Berbeda dengan ekspose temuan yang telah di gelar secara seremonial pada tanggal 7 agustus 2018 di hall LPM UIN Maliki Malang yang juga dihadiri oleh seluruh pimpinan universitas, fakultas, auditor dan auditee.  Pada fakultas psikologi dan pascasarjana ekspose dihadiri dan diterima oleh para pimpinan lembaga, dosen dan staf yang hadir dalam kegiatan.

Hasil evaluasi yang dilakukan oleh Tim LPM UIN Maliki Malang terkait dengan kegiatan ini menyimpulkan bahwa untuk proses audit mutu internal tahun ini memberikan warna yang berbeda, para auditor juga menjalankan tugasnya dengan sangat baik dan profesional, mereka bekerja sesuai dengan kaidah-kaidah audit yang sesuai dengan perencanaan. Plt. Ketua LPM UIN Maliki Malang A. Muhtadi Ridwan menambahkan “Alhamdilillah, audit mutu internal (AMI) dengan strategi audit tematik yang berfokus pada sarana prasarana Pendidikan dan pembelajaran (P1) yang di mulai dari 1 hingga 24 standar kali ini berjalan dengan sangat bagus, ditandai dengan kekompakan auditor, auditee, dan pendamping. Saya bisa pastikan hasil kebijakan dan perencanaan sarpras akan tertata dengan sangat bugus pula, karena temuan yang akan disampaikan juga berbasis data, tidak hanya sebatas perkiraan” Tandasnya. (red.ms)

Written by