LPM UIN Maliki Malang Hadiri Workshop Penyusunan SPMI PTKI di IAIN Jember

Dr. Helmi Syaifuddin, M.Fil.I mengabadikan moment di acara kegiatan penyusunan SPMI bersama LPM PTKI Se-Indonesia

LPM UIN Malang – Penjaminan mutu perguruan tinggi masih menjadi isu dominan dalam peningkatan kualitas mutu, relevansi dan akses pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN). Hal ini disampaikan oleh Direktur PTKI Kementerian Agama, Arskal Salim dalam acara Workshop Penyusunan Sistem Penjaminan Mutu yang dilaksanakan pada 11-13 Agustus 2018 di IAIN Jember. Workshop yang dihadiri oleh seluruh fungsionaris LPM PTKIN se-Indonesia ini menjadi ajang tukar pikiran dan pengalaman yang sangat berharga untuk mendukung harapan Direktorat PTKI tersebut.

Hadir dalam acara tersebut, utusan dari Lembaga Penjaminan Mutu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang adalah Helmi Syaifuddin,  Abdul Malik Karim Amrullah, dan Moh. Yunus dengan membawa produk-produk UIN Maliki Malang berupa buku Kebijakan Akademik, Kebijakan SPMI, Standar Mutu Internal Pendidikan, Standar Mutu Internal Penelitian, Standar Mutu Internal Pengabdian kepada Masyarakat, Standar Mutu Internal Kepemimpinan, dan Instrumen Monitoring dan Evaluasi.

Sebagai bagian dari monitoring dan evaluasi Direktorat PTKI atas implementasi SPMI di PTKIN, setiap delegasi wajib membawa dokumen SPMI yang dimiliki dan akan di tampilkan dimeja masing-masing. Kemudian Direktur PTKI melakukan pengecekan atas bentuk dan isi dari dokumen SPMI masing-masing PTKIN. Selain mendisplay produknya, Lembaga Penjaminan Mutu UIN Maulana Malik Ibrahim Malang juga berkesempatan berbagi pengalaman baik (best practice) atas implementasi SPMI di kampus kepada seluruh fungsionaris LPM PTKIN se-Indonesia.

Desain acara yang dikemas sangat baik oleh LPM IAIN Jember ini telah menyadarkan kepada semua peserta bahwa pelaksanaan siklus SPMI secara konsisten di kampus adalah kunci utama terjaminnya kualitas mutu pendidikan tinggi di PTKIN. Dalam konteks satu siklus SPMI ini keberlanjutan siklus UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sampai dengan 13 Agustus 2018 ini telah selesai menapaki tahap Audit Mutu Internal sebagai bagian dari tahap Evaluasi dalam siklus PPEPP (Perencanaan Mutu, Pelaksanaan Mutu, Evaluasi Mutu, Pengendalian Mutu, Peningkatan Mutu). Sebuah amalan baik yang mendapatkan pujian dari peserta workshop yang patut digaungkan di kampus yang bergelar ulul albab ini. (Red.ms dan Helmi)

Written by