Farmasi Simulasikan Visitasi Akreditasi LAM-PTKes Bersama LPM UIN Maliki Malang

Dr. Abdul Malik Karim Amrullah, M.Pd.I mensimulasikan proses asesmen lapangan bersama tim akreditasi prodi Farmasi

LPM UIN Malang – Program Studi Farmasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal 14 dan 16 Agustus 2018 menyelenggarakan simulasi akreditasi untuk menyambut asesmen lapangan dari Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). Simulasi visitasi ini dilakukan oleh Jurusan Farmasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sebagai bentuk persiapan dan kesigapan tim akreditasi untuk benar-benar menyiapkan diri dalam menghadapi asesmen lapangan yang akan di lakukan pada tanggal 20-21 agustus 2018. Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang menunjuk Alfin Mustikawan dan Abdul Malik Karim Amrullah sebagai tim pendamping dan asesor yang bertindak dalam proses simulasi visitasi akreditasi LAM-PTKes di Program Studi Farmasi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Proses simulasi dilakukan selama dua hari di ruang rapat program studi Farmasi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Materi simulasi yang digunakan dengan menilai seluruh isi dan kesesuaian borang prodi farmasi. Berbeda dengan akreditasi yang di lakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) yang biasanya melakukan akreditasi pada prodi-prodi lain. Pada program studi kesehatan yang dilansir dari situs kebijakan kesehatan Indonesia, sejak diresmikan pada tahun 2015 oleh Menteri Ristek dan Pendidikan Tinggi Mohammad Nasir “Hendaknya setiap program studi kesahatan harus dilakukan akreditasi oleh LAM-PTKes, karena LAM-PTKes tak hanya melakukan penilaian terhadap prodi bidang kesehatan, tetapi juga pembinaan dan pengawasan. Semoga mutu pendidikan kesehatan di Indonesia semakin meningkat,” Paparnya setelah peluncuran LAM-PTKes di Jakarta (12/1).

Ketua Jurusan Farmasi Roihatul Mutiah menyatakan bahwa “pendampingan Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sampai dengan simulasi sangat bermakna bagi jurusan Farmasi karena jurusan Farmasi akan bisa menyiapkan secara detail atas visitasi yang akan dilaksanakan tgl 20 s.d 21 agustus 2018 ini, dan kami ucapkan banyak terima kasih atas pendampingan selama ini” Ungkapnya setelah selesai penutupan kegiatan simulasi. Menurut informasi yang dihimpun oleh tim akreditasi program studi farmasi bahwa assessor yang akan bertindak dalam melakukan asesmen lapangan di Jurusan Farmasi minggu depan (20-21/8) adalah Prof. Dr. Gemini Alam, M.Si.,Apt. dari Universitas Hasanuddin Makassar dan Iskandarsyah, M.S., Apt. dari Universitas Indonesia. (red.ms)

Written by