Auditor First Surveillance ISO 9001:2015 Ambil 6 Sampel di UIN Maliki Malang

Dari Kiri: Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. M. Zainuddin, M.A memberikan sambutan penutupan kegiatan

LPM UIN Malang – Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang pada tanggal 22-21 Agustus 2018 laksanakan kepatuhan penjaminan mutu ISO 9001:2015. Audit yang dilakukan oleh PT. Decra Group Indonesia diwakili oleh Ainun Najib yang dijadwalkan melakukan audit di beberapa tempat di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, diantaranya; Level Top Manajemen (Pimpinan Universitas), Bagian Akademik Universitas, Bagian Kemahasiswaan dan Alumni, Bagian Umum dan OKH, dan Bagian Akademik Fakultas.

Surveillance audit ISO 9001:2015 di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang dilaksanakan dua kali dalam satu tahun. Kegiatan audit eksternal ini dilakukan untuk memastikan bahwa manajemen dan pelayanan mutu di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang sesuai dengan apa yang dijanjikan dalam klausul standar ISO 9001:2015, sehingga UIN Maulana Malik Ibrahim Malang masih tetap berhak menyandang predikat perguruan tinggi dengan sertifikat jaminan manajemen ISO 9001:2015.

Serius: (21/8) Auditor Ainun Najib Proses Melakukan Audit ISO 9001:2015 di Bagian umum dan OKH UIN Maliki Malanng

First Surveillance ISO 9001:2015 pada semester ini secara umum menemukan beberapa kekurangan yang harus diperbaiki oleh pihak manajemen di lingkungan UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, beberapa poin penting diantaranya adalah manajemen risiko diantara masing-masing unit dan fakultas yang belum nampak dan miss communication yang terjadi antara manajemen satu dengan yang lain. Hal ini menyebabkan saling lempar tanggung jawab sehingga terjadi kesalahpahaman antar manajemen. Ainun Najib selaku auditor menyampaikan “hendaknya manajemen di tingkat unit atau lembaga dalam bekerja juga melihat sasaran mutu dan SOP yang ada, tidak hanya sekedar bekerja. Saya menemukan ada yang punya sasaran mutu sampai 15 item, namun tidak ada evaluasinya” tegasnya saat ekspose berlangsung.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut M. Zainuddin, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik menambahkan “Saya sangat mengapresiasi kegiatan audit ini, karena akan menambah kekuatan baru di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, mengingat UIN tahun ini juga dalam proses penyusunan borang Akreditasi Perguruan Tinggi ditambah lagi, kita juga sudah menjadi member AUN-QA yang Insyaallah akan segera di eksekusi oleh tim LPM dan Fakultas” Jelasnya saat sambutan penutupan kegiatan. (red.ms)

Written by