28 Dec 2022

LPM IAIN Langsa Benchmarking Penjaminan Mutu ke LPM UIN Malang

Malang-Segenap personalia Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Langsa, Aceh bertamu ke kantor LPM UIN Maulana Malik Ibrahim Malang pada Rabu (28/12) pagi. Kedatangan ‘tamu dari jauh’ tersebut disambut dengan hangat oleh Ketua LPM UIN Malang, Helmi Syaifuddin bersama tim lainnya. Setelah bertukar kabar, kegiatan diskusi seputar penjaminan mutu pun dimulai. Seperti biasa, diskusi dilaksanakan di ‘dapur’ LPM (ruang rapat kecil).

Diskusi diawali dengan perkenalan personalia dari masing-masing lembaga. Hadir dalam kesempatan tersebut Yusaini selaku Ketua LPM, Syafieh selaku Sekretaris, Sabaruddin selaku Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Eddy Kurniadi Putra selaku Staf tata Usaha, dan Agus Syahputra. Adapun dari LPM UIN Malang, hadir Helmi Syaifuddin selaku Ketua LPM, Abdul Aziz selaku Sekretaris, Meinarni Susilowati selaku Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu, Ahmad Mubaligh selaku Kepala Pusat Pengemabngan Standar, Rosihan Aslihuddin selaku staf profesional, dan beberapa tim lainnya.

Terdapat dua tujuan utama kegiatan benchmarking tersebut, yaitu studi banding proses penjaminan mutu di masing-masing lembaga dan pengelolaan sistem informasi siklus PPEPP (Penetapan, Pelaksanaan, Evaluasi, Pengendalian, dan Peningkatan). Untuk memperjelas penjaminan mutu dan pelaksanaan siklus PPEPP di UIN Malang, Helmi Syaifuddin mendemonstrasikan aplikasi E-SPMI, Siakad, dan Esmart sebagai sistem informasi penjaminan mutu yang digunakan oleh pihaknya.

Mengakhiri diskusi gayeng tersebut, Yusaini menyebutkan bahwa kegiatan benchmarking tersebut dalam waktu dekat akan ditindaklanjuti dengan pengembangan Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) secara elektronik. Pihaknya akan mengundang personalia LPM UIN Malang untuk datang ke lembaganya. Kegiatan ditutup dengan ramah tamah dan foto bersama.(red/sp)