08 Oct 2021

LPM UIN Maliki Malang Gelar Bimtek ESPMI: Auditor Dilatih Audit Dokumen secara Online

Malang – Menjelang pelaksanaan Audit Mutu Internal (AMI), Lembaga Penjaminan Mutu UIN Maliki Malang menggelar Bimbingan Teknis ESPMI kepada para peserta selama dua hari, 7-8 Oktober 2021. Peserta  ESPMI kali ini adalah mereka yang telah mengikuti dan dinyatakan lulus training refreshment auditor mutu internal tahun 2021. Kegiatan ini bertujuan agar para auditor bisa mengoperasikan ESPMI dan melakukan audit dokumen secara online untuk memeriksa kesesuaian pelaksanaan standart yang telah ditetapkan sesuai kriteria instrumen akreditasi BAN PT dan standart SPMI.

Kegiatan yang berlangsung di meeting room LPM UIN Maliki Malang diawali dengan penjelasan mengenai persiapan dan pelaksanaan Audit Mutu Internal UIN Maiki Malang Tahun 2021 oleh Helmi Syaiffudin selaku Ketua LPM UIN Maliki Malang dan Meinarni Susilowati yang merupakan Kepala Pusat Pengembangan Mutu. Sesi selanjutnya yaitu Bimbingan Teknis Audit dokumen secara online yang dipandu oleh Supriyono.  Pada sesi ini para auditor mendapatkan akses untuk dapat melakukan audit melalui ESPMI. Kemudian auditor dilatih untuk dapat mengoperasikan ESPMI dalam rangka melakukan audit dan memberikan penilaian pada dokumen yang diaudit.

Dihari kedua bimtek (8/10) ketua dan sekretaris LPM UIN Maliki Malang memberikan pengarahan kegiatan. Sekretaris LPM, Abdul Aziz berharap para auditor dapat melaksanakan bimtek dengan optimal dan mampu mengoperasikan ESPMI dalam rangka melakukan audit secara online. “Tentu harapan kami semua auditor melaksanakan bimtek ini dengan optimal, mampu mengoperasikan ESPMI dan mahir dalam melakukan audit serta dapat memberikan penilaian dan memberikan masukan kepada prodi” tegasnya. Selanjutnya peserta melakukan praktik audit dokumen yang didampingi oleh Abdul Aziz dan Supriyono.

Salah satu peserta bimtek, Idrus Muchsin menyebutkan “Kegiatan bimtek ini sangat penting untuk meningkatkan skill auditor karena peserta didampingi secara langsung dalam mempraktikan audit dokumen online dan auditor mendapatkan pemahaman dengan baik tentang indikator-indikator yang ada di dalamnya” paparnya.  Kegiatan Bimbingan Teknis diakhiri dengan sesi simulasi hasil penilaian dokumen oleh beberapa perwakilan tim auditor yang didampingi oleh Abdul Aziz dan Meinarni Susilowati. (Red/amr)